6 Tips Belajar Efektif Yang Baik dan Benar

6 Tips Belajar Efektif Yang Baik dan Benar
6 Tips Belajar Efektif Yang Baik dan Benar

Tips Belajar Efektif Yang Baik dan Benar - Belajar adalah sebuah kewajiban yang harus kita kejar, baik itu Pelajar, mahasiswa ataupun seorang guru sekalipun. belajar yang baik adalah belajar yang menghasilkan peningkatan pengetahuan, sikap dan atau keterampilannya. Namun apakah anda Sudah belajar Efektif baik dan benar ? Jika anda belom melakukan itu, pada artikel ini saya bakal ulas Tips Belajar Efektif Yang Baik dan Benar !!

1.  Buatlah Sebuah Suasana Belajar yang Nyaman dan Tenang

Pertama Yang Harus anda lakukan adalah bagaimana cara membangun suasana belajar yang nyaman dan tenang. Ada banyak cara untuk membuat mood belajar itu muncul, diantara: Anda bisa belajar sambil mendengarkan musik, belajar di tempat-tempat yang nyaman misalnya di taman atau dipinggir danau, atau diruangan ber-AC bahkan di sebuah lingkungan yang penuh dengan pemandangan yang bagus.

 2.  Membuat Catatan Pokok belajar

Yah, mencatat pokok-pokok belajaran. Kenapa? Karena jika anda harus membaca buku dengan setebal buku yang di berikan oleh guru atau Dosen saya rasa tidak mungkin buat anda bisa Fokus belajar. Namun Ambilah intisari dari pelajar tersebut. Hal ini akan membuat anda Jauh Lebih mudah mengingat di bandingkan anda  harus membaca dengan sebanyak buku tersebut.
 
 3.  Belajar Kelompok

Belajar Kelompok memang Metode yang seringkali di katakan metode yg paling efektif karena dalam suasana belajar berkelompok yang cukup santai otak menjadi lebih rileks menerima pelajaran/materi yang akan di serap. karena di situ anda akan saling sharing dengan teman anda hal ini akan bagus untuk anda terapkan. bahkan metode ini adalah metode yang bagus untuk anda terapkan ketika Ujian dan akan lebih bagus jika anda terapkan bersama teman anda paling tidak dalam 1 minggu 1 atau 2 kali.
 
4.  Belajar Sambil Praktek

Belajar sambil praktek adalah hal yang sangat efektif. Yah, Cara belajar ini juga akan membuat Anda tak merasa bosan. suatu contoh anda adalah seorang Guru TKJ, alangkah efisiennya ketika anda mengajari sebuah pelajaran word dengan metode di bahas dan praktek, maka siswa atau siswa kita bakal senang dan tidak akan pernah bosan untuk belajar. hal ini Belajar sambil Praktek adalah metode paling cocok buat anda yang sulit untuk menyerap pelajaran dengan metode Pembahasan.

 5Atur Waktu Belajar Anda
 
Dengan cara mengatur waktu belajar hal ini akan memperbagus fisik anda, dalam hal ini disarankan anda paling tidak untuk mengatur belajar yang efektif adalah mengatur waktu dengan sebaik mungkin, disarankan Pagi 10 menit , sore 25 menit dan malam paling lama 1 Jam. jika anda mengatur waktu belajar yang lama, maka akan tidak baik,dan akan membuat diri anda jenuh dan malas untuk belajar.
 
6.  Mengerti Bukan Dihafal

Hal yg Banyak dilakukan oleh siswa atapun mahasiswa ketika ingin menghadapi ujian adalah menghafal. Sebenarnya tidak salahbagi anda ketika menghafal cuman kurang efektif. alangkah baiknya Untuk lebih efektifnya adalah mengerti teorinya , maka anda secara tidak disadari bakal ingat materi Pelajaran tersebut. Jika Anda masih dalam metode belajar dengan cara menghafal, saya Rekomendasikan anda untuk pindah ke metode mengerti materi.

Mungkin hanya 6 Tips ini yang bisa saya share, aturlah waktu anda sebaik mungkin dan lakukanlah seperti 6 Tips yang saya tulis di artikel ini.

Semoga artikel ini bisa membantu anda dan menambah wawasan anda lebih dalam, bagaimana cara belajar efektif.  

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih atas kunjungan anda di blog ini, Smoga isi dari blog ini bisa membantu anda.

" SALAM SUKSES"