9 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat dan Kebal Terhadap Penyakit

9 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat dan Kebal Terhadap Penyakit
9 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat dan Kebal Terhadap Penyakit - Kesehatan merupakan sebuah nikmat yang Allah berikan kepada kita semua dan suatu hal yang sangat semua orang inginkan, Karena dengan memiliki badan yang sehat adalah suatu kebahagian yang tak bisa kita jangkau. Dengan memiliki tubuh yang sehat kita bisa melakukan semua aktifitas baik berolahraga, Senam, dan lain sebagainya. Bahkan dengan memiliki badan yang sehat kita tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli berbagai macam obat di rumah sakit atau apotik.

9 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Selalu Sehat dan Kebal Terhadap Penyakit


Nah, Ada berbagai macam tips untuk menjaga kesehatan tubuh supaya bisa kebal dari serang penyakit, Seperti flu, batu, demam, dan lain - lain. Lantas apa saja tips yang bisa membuat tubuh kita selalu sehat dan tahan terhadap penyakit ?


1. Konsumsi Sayuran Hijau

Sayuran Hijau atau berdaun hijau merupakan sayuran yang kaya vitamin yang dapat membantu anda menjaga diet keseimbangan serta mendukung kekebalan tubuh sehingga membuat tubuh lebih menjadi sehat. Ada banyak sayuran hijau yang bisa anda konsumsi untuk meningkat kekebalan tubuh anda seperti bayam, zaitun, Alpukat, apel hijau, jambu biji, anggur, bok choy, kiwi, kale, capsicum hijau, kacang polong, selada, kubis, pir dan kacang.

2. Olahraga Yang Rutin

Selanjutnya adalah olahraga secara rutin, Untuk menjaga agar tubuh bisa tetap segar dan sehat anda harus rutin melakukan aktifitas olahraga seperti jalan kaki maksimal 500 kaki agar peregangan otot anda sehat atau anda bisa melakukan senam setiap pagi secara teratur agar dapat membantu anda sehat serta membuat badan anda langsing.

Tak hanya itu saja, Sebuah penelitian menyebutkan jika kita rutin melakukan olahraga setiap hari dapat mencegah penyakit kronis, setres mempercepat atau memperkuat peredaran darah putih untuk melawan penyakit.


3. Konsumsi Vitamin D

Selain anda harus rutin berolahraga anda juga memelurkan sebuah vitamin agar tubuh anda bisa slalu sehat dan bugar.  Karena jika anda kekurangan Vitamin D maka bisa menyebabkan pertumbuhan jantung yang kurang bagus serta membuat tubuh anda lemas.

Maka dari itu untuk mencukupinya anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin D, Seperti telur, Hati sapi, ikan salmon dan ikan tuna atau Suplemen Vitamin D, Namun sebelum anda membeli suplemen disarankan untuk konsultasi ke dokter dulu ya !!!

4. Kontrol Pola Makan

Makanlah secukupnya sesuai porsi jangan sampai berlebihan, Karena jika kita makan yang melebihi porsi yang biasanya kita makan dikhawatirkan membuat tubuh anda kegemukan sehingga bakal mudah terserang virus atau penyakit.

5. Kelola Waktu Tidur Anda

Tidur secukupnya juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh kita, Sebuah penelitian menyebutkan jika kita tidur minimal 8 jam setiap malam dan dilakukan selama 2 minggu, Maka membuat tubub lebih kebal dari serangan virus, sementara itu jika tidur kurang dari 6 jam setiap malam maka akan mudah terserang virus. Maka dari itu aturlah waktu tidur kita agar bisa tahan terhadap serangan virus.

6. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menjaga kebersihan lingkungan adalah hal yang penting yang harus kita jaga seperti pepata mengatakan bersih itu pangkal sehat, Maka dari itu kita harus menjaga kebersihan lingkungan baik didalam maupun disekitar kita. ada hal yang bisa anda lakukan agar tetap bersih dan terhindar dari serangan penyakit.
  1. Mandi setiap hari 3x sehari
  2. Cuci tangan yang bersih sebelum makan dan sesudah makan
  3. Sapu yang bersih ruangan - ruangan disekitar anda
  4. tutup mulut anda disaat batuk dan bersin

7. Hindari Rokok

Rokok merupakan hal yang harus kita jauhi, Penelitian menyebutkan Rokok dapat merusak sistem kekebalan tubuh teruma jantung dan paru. Jika kita sering merokok atau berada didekat orang yang sedang merokok dan jika itu sering terjadi terhadap anda, Maka seiringan waktu sistem kekebalan tubuh anda akan berkurang meskipun anda hanya berdekatan. Maka dari itu jauhi rokok atau orang yang sedang merokok.

8. Hindari Minuman Berakohol

Minuman Berakohol terbukti dapat merusak kekebalan tubuh manusia, Sebuah penelitian menunjukkan jika seseorang minum - minuman berakohol maka akan merusak sel yang disebut sel dendritik, Yaitu komponen sistem kekebalan tubuh. Jika seseorang terlalu sering minum alkohol maka akan meningkatkan seseorang lebih mudah terserang virus atau bakteri. Bahkan penelitian di Journal Clinical and Vaccine Immunology pernah membandingkan sel dendritik dan respon dari sistem kekebalan tubuh tikus yang di berisih alkohol dan tidak yang terjadi ternyata yang terjadi tingkat kekebalannya rusak. dari sini bisa digaris bawahi bahwa alkohol tidak baik untuk kesehatan tubuh kita.

9. Kendalikan Setres dan Berfikir Positif

Setres sudah sangat terbukti membuat seseorang lemah, Sehingga membuat orang lebih mudah terserang penyakit. Oleh karena itu kendalikan setres, Ada hal yang bisa mengendalikan setres yaitu dengan melakukan yoga setiap pagi atau sore agar anda bisa mengendalikan atau menghilangkan setres. Serta berfikirlah untuk slalu positif baik baik dalam keadaan apapun disekitar lingkugan kita.

Itulah 9 tips untuk menjaga kesehatan agar selalu sehat dan kebal terhadap penyakit yang bisa saya share pada artikel kali ini, Nah buat anda yang ingin mencari tips tentang kesehatan lainnya yang lebih lengkap anda bisa belajar di www.beritabawean.com

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih atas kunjungan anda di blog ini, Smoga isi dari blog ini bisa membantu anda.

" SALAM SUKSES"