Doa atau Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur, Lengkap Ramadhan 1439 H

Doa atau Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur, Lengkap Ramadhan 1439 H
Doa atau Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur, Lengkap Ramadhan 1439 H - Bulan puasa merupakan bulan yang sangat ditunggu - tunggu oleh semuat ummat islam di dunia ini, Karena bulan puasa atau ramadhan ini bukan seperti bulan yang biasa, Melainkan bulan yang penuh rahmat dan hidayah sehingga bulan puasa atau ramadhan menjadi salah satu yang sangat di tunggu - tunggu oleh kaum muslim di seluruh penjuru dunia.

Doa atau Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur, Lengkap Ramadhan 1439 H

Karena bulan ramadhan ini adalah bulan spesial menurut saya, Nah, Pada artikel ini saya bakal share Doa atau niat puasa, Barang kali ada temen - temen yang lupa doanya atau adek - adek SD / SMP yang belom afal doa - doa tersebut. Maka dari itu saya antusias untuk membuat artikel, Meskipun ini ilmu yang sederhana tapi menurut saya penting, Agar anda yang belom afal bisa afal dengan mudah. Berikut doa atau niat puasa ramadhan 1439 H !

Niat Puasa Ramadhan :


Doa atau Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur, Lengkap Ramadhan 1439 H
 

Doa Berbuka Puasa :

Doa atau Niat Puasa, Buka Puasa dan Sahur, Lengkap Ramadhan 1439 H

Doa Sahur   :

Dalam kitab-kitab hadits, tidak ada doa khusus ketika makan sahur. Pun dalam kitab-kitab fiqih terkemuka (Misalnya Fiqih Sunnah, Fiqih Islam wa Adillatuhu, Fiqih Empat Madzhab), hanya dicantumkan doa berbuka namun tidak dicantumkan doa sahur.

Dengan demikian, doa sebelum makan sahur sama dengan doa sebelum makan. Yakni:

بِسْمِ اللَّهِ
Bismillah
Artinya: “Dengan menyebut nama Allah”
 
 Membaca basmalah ini berdasarkan hadits shahih:

إِذَا أَكَلَ أَحَدُكُمْ فَلْيَذْكُرِ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فَإِنْ نَسِىَ أَنْ يَذْكُرَ اسْمَ اللَّهِ تَعَالَى فِى أَوَّلِهِ فَلْيَقُلْ بِسْمِ اللَّهِ أَوَّلَهُ وَآخِرَهُ


“Apabila salah seorang di antara kalian makan, hendaklah ia menyebut nama Allah Ta’ala. Dan jika ia lupa, hendaklah ia membaca ‘Bismilaahi awalahu wa aakhirahu’” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud)

Sedangkan doa yang lebih populer namun dipersoalkan keshahihannya adalah:

اَللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ
Allohumma baariklanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa ‘adzaaban naar

Artinya: “Ya Allah, berkahilah untuk kami apa yang Engkau karuniakan kepada kami dan peliharalah kami dari adzab neraka” (HR. Imam Malik dalam Al Muwatha’)

Jumhur ulama selain madzhab Syafi’i sepakat bahwa makan sahur sudah dianggap niat puasa, kecuali saat makan sahur berniat tidak puasa. Sedangkan menurut madzhab Syafi’i, makan sahur tidak dianggap niat puasa kecuali jika makan sahurnya disertai niat puasa.

Niat puasa, menurut madzhab syafi’i disunnahkan dilafalkan sebagai berikut:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ فَرْضِ الشَّهْرِ رَمَضَانَ هَذِهِ السَّنَةِ لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghodin ‘an adaa-i fardhisy syahri romadhoona hadzihis sanati lillaahi ta’aala

Artinya: “Aku niat puasa pada hari esok untuk melaksanakan kewajiban bulan Ramadhan tahun ini karena Allah Ta’ala”

Sedangkan menurut madzhab Maliki, yang terbaik adalah tidak melafalkan niat karena tidak ada contohnya dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam.

Untuk do'a sahur yang sudah diajarkan oleh ngaji saya di kampung dengan membaca :

اللهم بءكل هدطءم سننتس سهر


Nah, diatas adalah doa niat puasa, berbuka puasa dan sahur. Semoga anda bisa menjalankan ibadah bulan puasa dengan baik dan tidak ada halangan apapun. Terimah kasih atas kunjungan anda telah membaca artikel ini, Jika berkenan silakan dishare ya artikelnya !

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih atas kunjungan anda di blog ini, Smoga isi dari blog ini bisa membantu anda.

" SALAM SUKSES"