Cara Membuat Form Contact US Menggunakan Google Form

Cara Membuat Form Contact US Menggunakan Google Form
Cara Membuat Form Contact US Menggunakan Google Form
Cara Membuat Form Contact US Menggunakan Google Form - Tentu kita pasti tahu bahwa google docs telah di integrasi oleh Google Drive dimana goolge drive ini di kenal sebagai tempat penyimpanan File - File, Selain itu Google Drive memiliki fitu -  fitur keren yang bisa anda gunakan secara gratis mulai dari pembuatan dokumen seperti word dan excel, dan juga menyediakan penyimpanan cloud sebesar 15GB, sampai fitur untuk membuat form secara online.Fitur online ini biasanya banyak digunakan para blogger yang aktif di Toko Online guna untuk lebih memudahkan pengunjung untuk pertanya.

Mungkin salah satu dari anda pernah melihat kan ? sudah pasti sering, saya sendiri sering banget ngeliat Form online ini, karena dulu saya juga pernah membuat form online di toko online saya, saat itu masih di tahun 2014.

Mengingat hal itu saya kali ini ingin mencoba untuk berbagi tips meskipun saya membuatnya 3 tahun yang lalu, siapa tahu bisa membantu banyak orang yang sedang bingung mencari informasi tentang Cara Membuat Form Contact US Menggunakan Google Form.

Lalu Apa Yang Harus di Persiapkan ?
Berhubung Google From adalah bagian dari Google drive, Maka anda wajib memiliki akun google. Silakan anda Registrasi dulu  Cara Buat Email Gratis di Google Terbaru. Jika anda sudah siap dan memiliki akun google anda bisa ikuti langkah - langkah berikut  ini.

Pertama
Anda login terlebih dahulu ke google drive dengan menggunakan akun yang sudah anda buat tadi.

Kedua
Selanjutnya Anda Klik Go to Google Drive


Ketiga
Selanjutnya anda klik Baru / New, Lalu Pilih More atau Klik seperti pada gambar dibawah dan Pilih Google Formulir.
Keempat
Kemudian anda akan melihat penampakan default dari google form seperti pada gambar, disini tertulis Formulir tanpa judul.

Kelima
Selanjutnya anda buat Form Alamat Email, Nama, No. Hp dengan jawaban Singkat, Untuk menambahkan Form anda bisa menduplikat Form dengan cara klik seperti pada Buletan merah di gambar ini.




Keenam
Lalu anda buat lagi Form terkhir yaitu Pesan, bedanya disini adalah di Form Alamat email, Nama dan No. Hp dominan menggunakan jawaban singkat, Nah untuk pesan anda bisa menggunakan Paragraf seperti pada gambar dibawah ini.





Ketujuh
Maka hasilnya akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini.

Kedelapan
Selanjutnya adalah anda ambil kode Scriptnya dengan cara kirim

Kesembilan
Jika anda sudah klik kirim maka anda akan melihat pop up seperti berikut ini dan anda klik seperti pada gambar berikut.

Kesepuluh
disini anda bisa mengatur seberapa lebar dan tingginya, disini saya mengaturnya Lebar 550 dan tinggi 900, Lalu jika anda sudah menyetingnya lalu anda copy-kan html-nya dibawah Sematkan Html.


Setelah anda membuat Form Contact Us seperti pada Tips di atas selanjutnya adalah tahap untuk menyimpannya di blog kita, cara seperti berikut ini.

Pertama
Anda masuk ke blogger anda, Kemudian anda pilih laman

Kedua
Kemudian anda Klik laman baru untuk membuat halaman baru pada blog anda.

Ketiga
Lalu anda klik HTML dan pastekan kode tadi dihtml dan Klik Pertinjau untuk melihat hasilnya jika sudah Ok dan menurut anda sudah bagus, anda klik save atau simpan lalu anda lihat hasilnya.



Hanya ini tips yang bisa saya bagikan, jika anda kesalahan atau kata - kata yang tidak baik mohon di maafkan dan jika menurut anda artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk share / bagikan ke temen - temen lainnya. Terimah Kasih dan Sampai jumpa !!! Se You

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih atas kunjungan anda di blog ini, Smoga isi dari blog ini bisa membantu anda.

" SALAM SUKSES"