Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang Lemot

Cara Mempercepat Kinerja Komputer yang Lemot


Masih di blog Dsop Gratis, postingan kali ini admin akan share cara mempercepat kinerja komputer yang lemot. komputer memang sering kali menyebabkan lemah yang biasanya karena kecilnya penyimpanan seperti  ram, hardisk dll. biasanya lemahnya komputer akibat software yang berkapasitas  besar, seperti zaman sekarang, software - software semakin besar karena update yang bersaingan dari perusahaan - perusahaan. 
Untuk itu agan harus mempercepat komputermu dengan cara :

1. Menambah kapasitas ram
Yap... RAM atau random Access Memory memang begitu berpengaruh dalam kinerja komputer. Jika kamu menggunakan OS 32 bit sebaiknya gunakan RAM Minimal 2GB, dan minimal 4GB untuk sistem operasi yang menggunakan arsitektur 64bit agar prosses database berjalan dengan baik, jangan sampai os 64bit kemudian agan kasih 4GB itu akan menyebabkan hardware rusak.

2. Gunakan Prosessor yang Mampu menerima beban berat.
Faktor kedua yang paling berpengaruh dalam kecepatan komputer adalah prosessor. Pilihlah Prosessor sesuai dengan kebutuhanmu. Jika kamu hobinya bermain game atau membuat animasi video maka gunakanlah prosessor yang terbaik sekelas intel i7. namun kalau agan hanya seorang yang membuka brosew dan mengerjakan tugas pada office admin rasa agan cukup menggunakan prosessor sekelas intel i3 saja sudah cukup. 

3. Kapasitas hardiks yang banyak
Ketika agan banyak menyimpan file-file pada hardiskmu pastinya akan memberatkan tugas komputer. oleh karena itu usahakanlah selalu meyisakan banyak ruang pada hardisk. kalaupun data itu penting agan bisa menyimpannya pada hardisk eksternal. sehingga membuat tidak memberatkan komputer.

Selain itu manfaatkanlah penyimpanan berbasis could atau internet yang telah disediakan oleh vendor-verdor terkait. Apalagi kalau sekarang banyak sekali yang menyediakan layanan tersebut, sebut saja salah satunya google drive.

4. Kurangi program yang tidak perlu
Program yang terinstall pada komputer selain memakan memory pada Drive C: juga akan memperlambat. Program yang diinstall terlebih dahulu di baca oleh mesin pada saat memulai sehingga mempelambat kinerja komputer.

Hapuslah program yang tidak sering agan gunakan atau bahkan tidak terpakai. Dan periksalah setiap program apakah ada program yang fungsinya sama. misal pada komputer mu terdapat dua antivirus, maka hapuslah salah satunya biar prosser startup windows berjalan secara stabil

5. Periksa virus secara berkala
nah,,, ini yang penting juga ! Virus merupakan program yang bertujuan untuk mencuri data, mengawasi, membuat program yang akan melambatkan komputer, merubah fungsi-fungsi komputer bahkan sampai merusak  komputer. untuk itulah perlu adanya antivirus yang akan menjaga komputermu tetap aman.

Gunakanlah antivirus yang memang sudah terbukti dan banyak digunakan oleh user. agan bisa cari tahu dengan menayakannya pada pengguna internet lainnya. serta harus sering meng-update antivirus karena perkembangan virus juga sangat cepat. Pasanglah could antivirus jika sering menggunakan internet, dengan could antivrus sudah tidak perlu khawatir tentang update aplikasi dan biasanya hanta update database virusnya saja

6. Bersihkan file yang tidak terpakai
Caranya agan bisa menggunkan aplikasi seperti CCleaner, advanced System care pro ataupun aplikasi yang sejenisnya. biasanya aplikasi tersebut akan memeriksa file-file yang tidak terpakai oleh system kemudian menghapusnya.

7. Pindah OS
cara terakhir adalah dengan migrasi atau menggunakan os lain, seperti linux, Pada Sistem operasi linux kita bisa memilih sistem operasi sesuai dengan keinginan kita dan biasanya juga disediakan secara gratis. Apalagi OS Linux ini ternyata tidak banyak virus yang bisa memasukinya. Pengguna antarmukanya juga sangat mudah serta sekarang aplikasi juga sudah sangat banyak.



" Sekian Terimah kasih " 

cukup ini yang bisa admin sampaikan semoga bermanfaat bagi agan sekalian yang membaca artikel DSOP GRATIS

No comments:

Post a Comment

Terimah kasih atas kunjungan anda di blog ini, Smoga isi dari blog ini bisa membantu anda.

" SALAM SUKSES"