Bagaimana Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Hanya Dengan Sekali Klik !

,
Bagaimana Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Hanya Dengan Sekali Klik !
Bagaimana Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Hanya Dengan Sekali Klik !

Bagaimana Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Hanya Dengan Sekali Klik ! - Halo Sahabatku dirumah, kembali dengan saya, Gimana kabarnya ? Hehehehe..
Pada Pertemuan Kali ini saya akan share tentang Bagaimana Cara Menjalankan Berbagai Aplikasi Windows Hanya Dengan Sekali Klik !
Jika anda seoarang perogramer atau seorang Multimedia apakah anda harus buka aplikasi satu persatu ? saya rasa itu adalah hal yang lama mas brow,, masih moe buka yang ini, dan yang ini  lah,  contoh : jika jenuh dengan aplikasi Multimedia yaitu Adobe Primere Pro masih buka lagi yang Adobe Photosop masih Klik lagi, Iya bukan ? Nah disini saya kebetulan punya trik  baru untuk  anda siapa tau sama dengan apa yang saya lakukan, dan lebih Mudahnya Anda sebaiknya Gunakan Trik Ini.

Apa Sih Batch Itu Mas Unuk?
Okek,, saya Jawab,, hehehehe Bacth itu adalah Sebuah script dari Windows, dimana berisi berbagai perintah yang akan dieksekusi pada command line. Secara dasar, dalam script ini Sebetulnya anda bisa diterapkan secara langsung pada command prompt (cmd) milik Anda pada Windows. akan Tapi tidak kesemuanya sama sobat, Anda Juga bisa menambahkan beberapa fungsi operasi dan logika dalam filenya . Contoh Pada fungsi looping (for), percabangan (if – else) dan Sebagainya. Fungsi adanya fitur ini adalah  tidak lain ,agar Anda bisa lebih mudah untuk  melakukan sebuah pekerjaan yang berulang ulang secara otomatis. Contoh melakukan pengecekan koneksi internet ataupun pemanggilan aplikasi keseharian Anda. Batch file pada windows dapat diketahui dari beberapa eksistens (Extention), diantaranya adalah :

.bat, file eksistensi ini mampu berjalan pada semua versi Windows. dimana nantinya, file tersebut akan secara langsung dijalankan pada command prompt windows tersebut.
.cmd, sama halnya dengan file .bat. Tapi terdapat perbedaan, pada beberapa Windows versi lama tidak akan bisa melakukan pembacaan pada file ini.
.btm, file ini digunakan terbatas hanya pada lingkungan Windows server.

Terus bagaimana Mas Unuk cara efektifnya, ?
Cara Efektifnya adalah yuukk intip lagi ringkasan saya dibawah ini.

1. Membuat Batch File
Anda tentu harus membuat ini Fungsinya adalah untuk melakukan pemanggilan pada  aplikasi Anda sendiri. Nah Untuk membuatnya Anda tidak perlu melakukan instalasi aplikasi lain Hingga Sampek Ribet - Ribet Cari Aplikasinya, Anda cukup gunakan notepad ataupun wordpad aja Sob.

1
2
3
4
5
6
7
8
9
@echo off
cd "C:\Program Files\Sublime Text 2"
start sublime_text.exe
cd "C:\Program Files (x86)\Steam"
start Steam.exe
exit


2. Exit
Pada script tersebut penulis melakukan otomatisasi pada aplikasi Steam dan Sublime Text. Anda Juga bisa saja melakukan otomatisasi pada aplikasi lain. Jika script tersebut sudah Anda tulis, simpan File dengan format namafile.bat (Anda bisa menyesuaikkannya). Dari script tersebut dapat dijelaskan :

a. @echo off
Pada Perintah ini digunakan untuk tidak menampilkan window command prompt ketika perintah dijalankan.

cd “C:\Program Files (x86)\Steam”
Merupakan perintah yang dimana perintah ini dilakukan untuk melakukan perpindahan direktori. Untuk melakukan pemanggilan aplikasi lainnya, Anda harus mengubah direktori dimana aplikasi tersebut di install. jika  di C:\program File ya program File, tergantung dengan Nama Aplikasi  yang akan anda buka secara Otomatis.

start Steam.exe
Start Stream adalah perintah yang digunakan untuk melakukan pemanggilan aplikasi berdasarkan direktori yang ada pada perintah sebelumnya.


Baca Selengkapnya Panduan Download 

exit
perintah di akhiri.

Terkadang tampilan default tidak semenarik dibanding dengan melakukan customize sendiri. Pada penggunaan Batch, Anda bisa menggantinya dengan icons yang menarik. Untuk pemilihan icon Anda bisa melakukannya dengan menggunakan icon default dari aplikasi atau menggunakan icon lain yang Anda dapatkan dari Google Seacrh. Penulis kali ini menempatkan aplikasi Batch pada desktop, sehingga untuk pembuatan shortcut lebih mudah. Dari sini penulis mulai membuat shortcut untuk batch,

caranya adalah 
1. klik kanan pilih new – Shortcut. 
2. Jika langkah tersebut telah Anda lakukan, 
3. klik kanan pada shortcut. 
4. Lalu Dari beberapa pilihan yang ada, 
5. Properties harus Anda pilih. Pada window properties, 
6. ubah targetnya pada lokasi dimana Anda menyimpan file .bat milik Anda sebelumnya.



Untuk mengubah iconnya adalah pilihlah tombol change icon. Anda bisa menentukannya sesuai dengan yang ada pada sistem ataupun memilih icon lain pada komputer milik Anda.

Gimana CukupMudah Bukan Tutorial Mas Unuk Kali ini semoga pada artikel ini bermanfaat Bagi sahabat dirumah. 

Cukup sekian pada kesempatan kali ini,Semoga bermanfaat,,, 



No comments:

Post a Comment

Terimah kasih atas kunjungan anda di blog ini, Smoga isi dari blog ini bisa membantu anda.

" SALAM SUKSES"